Selasa, 22 November 2016

Tutorial Menggunakan Simple FTP Deploy



Paket ini untuk Sublime Text 3 memberikan kemungkinan untuk auto file upload ke server FTP jika sobat menyimpan file lokal.
Simple FTP Deploy ini memudahkan Coders tanpa perlu upload file lagi ke web hosting jika melakukan perubahan pada script lokal yang sudah di upload ke web hosting.

1. Cara Instalasi Simple FTP Deploy

Cara Instalasinya sangat mudah pastikan komputer/laptop sudah terinstall Sublime Text 3 selanjutnya sobat bisa menggunakan Package Control maupun dengan cara manual klo admin lebih suka menggunakan Package Control karena lebih mudah. Caranya Tinggal Tekan Ctrl + Shift + P lalu tulis Install Package kemudian cari dan install Simple FTP Deploy. Selesai dah Proses instalasinya.

A. Menggunakan Package Control (Versi Bahasa Inggris)

  1. In Sublime Text open menu Tools -> Command Palette...
  2. Enter Package Control: Install Package
  3. Find and install Simple FTP Deploy
B. Menggunakan Cara Manual (Versi Bahasa Inggris)

  1. Download the .zip
  2. Open Packages directory, which you can find using the Sublime Text menu item Preferences -> Browse Packages... and unzip archive to this directory
2. Cara Penggunaan Simple FTP Deploy

Cara penggunaannya cukuplah mudah jika sudah selesai proses instalasinya tinggal buka saja folder di htdocs (jika pake xampp) folder yang berisi file project sobat.
lalu buat file baru dan beri nama simple-ftp-deploy.json (Perhatikan nama file harus sama seperti tutorial ini) lalu simpan.

Oke ini versi bahasa inggrissnya.

  1. Open folder which contain your local files in Sublime Text open menu File -> Open Folder... or Project -> Add Folder to Project
  2. Create new simple-ftp-deploy.json config file in root of an opened directory (its settings see to configuration section)
  3. Save it
  4. Now open file which you want to edit, it must be located in an opened directory or in the inside folders, if you save it, this file will be upload to FTP server which you entered in config file
Jika sudah Tersimpan perhatikan cara berikutnya dibawah ini :)

3. Cara Konfigurasi Simple FTP Deploy

Pada file simple-ftp-deploy.json yang sudah kita simpan tadi khan masih kosong sekarang tulis atau copy paste scriptnya seperti dibawah ini :

{
    "host": "localhost",
    "port": 21, 
    "username": "user",
    "password": "pass",
    "rootDirectory": "/public_html/"
}

Catatan : Host, User dan Pass atau root directory sesuaikan dengan akun hostingan sobat.

Oke dah selesai, jangan lupa simpan lagi :)

Nanti untuk ujicoba silahkan edit salah satu file yang berada dalam folder project sobat (file lokal) lalu simpan dari sublime kemudian cek di hostingan apakah file yang sudah di edit dari sublime (file lokal) sama dengan yang di hostingan. Jika sudah sama berarti konfigurasinya sudah benar dan proses deploy dari sublime ke hostingan sudah berhasil.

Selamat Mencoba.
Jika Berhasil Jangan lupa share artikel dalam blog ini agar cepat berkembang.
Terima Kasih.


0 komentar :